Berita | Website Resmi DPRD Kota Dumai

Editor: Feny Seprinelfi
Kamis, 09 April 2020 10:00 WIB · Dibaca 190 Kali   WhatsApp   Facebook


Walikota Dumai telah menyampaikan jawaban terhadap Pandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD Kota Dumai atas Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Walikota Dumai Akhir Tahun Anggaran 2019 dan jawaban atas Pandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD Kota Dumai atas Penyampaian Ranperda tentang Rencana Detail Tata Ruang Bagian Wilayah Perencanaan Kawasan Perkotaan dan Industri Kota Dumai Tahun 2020-2040 pada Rapat Paripurna yang digelar pada hari Rabu, 08 April 2020. Rapat Paripurna ini dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kota Dumai, Bahari; dan dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Dumai, Agus Purwanto, S.T.; Wakil Walikota Dumai, Eko Suharjo, S.E.; Anggota DPRD Kota Dumai serta Kepala OPD.



Diawali dengan penyampaian tanggapan dan/atau jawaban Walikota Dumai terhadap pandangan umum Fraksi DPRD Kota Dumai atas Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Walikota Dumai Akhir Tahun Anggaran 2019 yang disampaikan oleh Wakil Walikota Dumai, Eko Suharjo, S.E.. Dalam pidatonya, Walikota Dumai mengucapkan terimakasih atas harapan, usul, saran dan apresiasi yang telah disampaikan oleh fraksi-fraksi DPRD Kota Dumai. Walikota juga menyatakan bahwa Pemerintah Kota Dumai masih terus berupaya menggali potensi-potensi pendapatan yang baru, melakukan evaluasi terhadap sektor-sektor PAD yang belum maksimal dan mengoptimalkan potensi yang ada sehingga target-target yang telah ditetapkan dapat tercapai.

Sehubungan dengan kondisi infrastruktur jalan dan drainase, Pemerintah Kota Dumai juga masih terus berupaya mengoptimalkan pembangunan secara bertahap sesuai dengan kemampuan anggaran Pemerintah Kota Dumai, sedangkan untuk pengembangan jaringan pelayanan air bersih, Pemerintah Kota Dumai sampai saat ini terus berkomitmen dalam pengembangan dan pelayanan infrastruktur air bersih yang setiap tahapan kegiatannya masih terus dilaksanakan hingga saat ini. Pemerintah Kota Dumai juga meminta dukungan dari semua pihak agar proses optimalisasi pengembangan,pemerataan dan peningkatan kualitas dan kuantitas pelayanan kesehatan dan pendidikan serta  peluang lapangan kerja baru bagi masyarakat Kota Dumai dapat terealisasi.

Terkait Pandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD Kota Dumai atas Penyampaian Ranperda tentang Rencana Detail Tata Ruang Bagian Wilayah Perencanaan Kawasan Perkotaan dan Industri Kota Dumai Tahun 2020-2040, Walikota menyampaikan bahwa pengembangan kawasan industri berdasarkan Ranperda ini akan direncanakan berada pada sebagian wilayah Kelurahan Tanjung Penyembal, Kelurahan Lubuk Gaung dan Kelurahan Sungai Sembilan. Dalam pidatonya, Walikota juga menyampaikan bahwa Ranperda ini telah mengakomodir pengembangan industri kecil, industri menengah dan industri kreatif pada Sub Zona Sentra Industri Kecil Menengah (SIKM).

Selanjutnya, Walikota menyampaikan bahwa proses penyusunan Ranperda ini sangat memperhatikan kesesuaian dengan peraturan yang ada diatasnya agar tidak terjadi tumpang tindih. Pembentukan Ranperda ini juga diharapkan dapat berjalan lancar dan selesai tepat pada waktunya sehingga dapat bermanfaat untuk pembangunan dan penataan ruang di Kota Dumai.

Dengan telah disampaikannya tanggapan dan/atau jawaban Walikota Dumai terhadap pandangan umum Fraksi DPRD Kota Dumai ini, maka pembahasan LKPj Walikota Dumai Akhir Tahun anggaran 2019 dan pembahasan Ranperda tentang Rencana Detail Tata Ruang Bagian Wilayah Perencanaan Kawasan Perkotaan dan Industri Kota Dumai Tahun 2020-2040 ini masuk pada tahap pembicaraan selanjutnya ditingkat Panitia Khusus (Pansus). Adapun Panitia Khusus yang diutus oleh masing-masing fraksi yaitu :

1.     Panitia Khusus Pembahasan LKPj Walikota Dumai Akhir Tahun anggaran 2019.

1.    MARA HAMDAN HARAHAP, S.H. (Demokrat)

2.    KAMISAN (Demokrat)

3.    RUDI HARTONO, S.Psi. (PKS)

4.    ANDY PUTRA SILITONGA, S.E. (PDI Perjuangan)

5.    Hj. HASLINAR, S.Sos., M.Si. (Nasdem)

6.    SRI WANAH (Nasdem)

7.    SALMAN, S.Sos. (PPP)

8.    PONIMIN, S.H. (Golkar)

9.    H. SYAPRIZAL NURDIN, S. E. (PAN)

10. H. YUHANDRI, S.P. (Gerindra)

   

2.   Panitia Khusus Pembahasan Ranperda tentang Rencana Detail Tata Ruang Bagian Wilayah Perencanaan Kawasan Perkotaan dan Industri Kota Dumai Tahun 2020-2040.

1.    SUPRIANTO, S.H. (Demokrat)

2.    RONI GANDA BAKARA, A.Md. (Demokrat)

3.    M. AL ICHWAN HADI, S.Sos. (PKS)

4.    GUSRI EFFENDY (PDI Perjuangan)

5.    SUTRISNO (Nasdem)

6.    JEM HARAHAP (Nasdem)

7.    HASAN (PPP)

8.    EDISON, S.H. (Golkar)

9.    HASRIZAL (PAN)

10. H. JOHANNES M.P. TETELEPTA, S.H., M.M. (Gerindra)

Sebelum Rapat Paripurna ini ditutup, Pimpinan Rapat mengucapkan terimakasih kepada para undangan yang telah berkenan hadir serta berharap seluruh Anggota DPRD yang duduk dalam keanggotaan Pansus tersebut dapat segera membahas dan memanfaatkan waktu yang tersedia secara optimal dengan tetap mempertimbangkan situasi dan kondisi saat ini sehingga kondisi kesehatan dan kinerja dapat berjalan seiring. (FS)




Semua Berita

Berita Lainnya

TANGGAPAN FRAKSI DPRD KOTA DUMAI TERHADAP 2 (DUA) RANPERDA INISIATIF DPRD KOTA DUMAI

Fraksi-fraksi DPRD Kota Dumai telah menyampaikan tanggapan dan/atau jawaban Fraksi terhadap 2 (dua) Ranperda Inisiatif DPRD Kota Dumai dalam Rapat...

DPRD KOTA DUMAI GELAR PARIPURNA PENANDATANGANAN NOTA KESEPAKATAN KUA-PPAS PERUBAHAN APBD KOTA DUMAI TAHUN 2017

Sebagaimana diatur dalam ketentuan Pasal 88 ayat (1) Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah...

LAPORAN HASIL KERJA PANSUS PEMBAHAS RANPERDA RPJMD KOTA DUMAI TAHUN 2021-2026

Panitia Khusus pembahas Rancangan Peraturan Daerah Kota Dumai tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Dumai Tahun 2021-2026 melalui...