Berita | Website Resmi DPRD Kota Dumai

Editor: Rahima Fenia, S.Pd.
Selasa, 10 Agustus 2021 08:30 WIB · Dibaca 63 Kali   WhatsApp   Facebook


Panitia Khusus pembahas Rancangan Peraturan Daerah Kota Dumai tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Dumai Tahun 2021-2026 melalui juru bicaranya Gusri Effendy telah menyampaikan hasil kerjanya pada Rapat Paripurna yang dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Dumai pada hari Senin (9/8/2021).

 

Rapat Paripurna yang dilaksanakan pada siang hari Senin ini dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kota Dumai, Bahari, turut didampingi oleh Ketua DPRD Kota Dumai, Agus Purwanto,S.T dan Wakil Ketua DPRD Kota Dumai, Mawardi. Rapat ini dihadiri oleh Wali Kota Dumai, H.Paisal,SKM,MARS, Anggota DPRD Kota Dumai, Forkopimda, serta Kepala OPD Kota Dumai.

 

Gusri Effendy dalam laporannya menyampaikan bahwa Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah terpilih melalui pemilihan kepala daerah, wajib menyusun RPJMD paling lambat 6 (enam) bulan setelah dilantik, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

 

Selanjutnya guna memenuhi ketentuan tersebut Pemerintah Kota Dumai telah menyusun Dokumen Rancangan Awal dan Rancangan Akhir RPJMD Kota Dumai Tahun 2021-2026. DPRD Kota Dumai melalui Panitia Khusus telah ikut serta membahas dan mendalami RPJMD tersebut dimulai dari penyampaian rancangan awal hingga diajukan Rancangan Peraturan Daerah tentang RPJMD Kota Dumai Tahun 2021-2026.

 

Kemudian beliau juga menyampaikan bahwa RPJMD Kota Dumai Tahun 2021-2026 merupakan penjabaran dari visi, misi, dan program kepala daerah yang memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, pembangunan daerah dan keuangan daerah, serta program perangkat daerah dan lintas perangkat daerah yang disertai dengan kerangka pendanaan bersifat indikatif untuk jangka waktu 5 (lima) tahun. RPJMD ini disusun dengan berpedoman pada RPJPD Kota Dumai Tahun 2005-2025, RTRW Kota Dumai Tahun 2019-2039 dan RPJMN Tahun 2020-2024 serta RPJMD Provinsi Riau Tahun 2019-2024.

 

Menutup laporan Pansus, Gusri Effendy menyampaikan bahwa seluruh Anggota Pansus yang melakukan pembahasan dan pengkajian Ranperda ini setuju secara bulat untuk melanjutkan pada agenda pengambilan keputusan persetujuan terhadap Ranperda Kota Dumai ini, untuk selanjutnya dilakukan tahapan evaluasi di Provinsi Riau dan dilanjutkan tahapan berikutnya hingga nanti dapat diundangkan tepat pada waktunya.

 

Setelah juru bicara Pansus Pembahas Ranperda tentang RPJMD Kota Dumai Tahun 2021-2026 selesai menyampaikan laporan hasil kerja Pansus, acara dilanjutkan dengan penyerahan laporan hasil kerja Pansus kepada Pimpinan Rapat. Kemudian Bahari selaku Pimpinan Rapat menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada seluruh Anggota Pansus yang telah merampungkan tugasnya dengan baik.



Setelah seluruh Anggota DPRD Kota Dumai yang hadir pada Rapat Paripurna hari ini menyetujui Ranperda tentang RPJMD Kota Dumai Tahun 2021-2026 ditetapkan menjadi Peraturan Daerah, agenda dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Persetujuan Bersama DPRD Kota Dumai dan Pemerintah Kota Dumai terhadap Ranperda tentang RPJMD Kota Dumai Tahun 2021-2026.



Disamping Laporan Pansus yang disampaikan oleh juru bicara, juga terdapat sambutan Wali Kota Dumai pada Paripurna hari ini. H.Paisal,SKM,MARS, dalam sambutannya beliau menyampaikan, “Saya atas nama Pemerintah Kota Dumai mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas kerja keras, masukan dan rekomendasi dari Panitia Khusus DPRD Kota Dumai yang telah menyampaikan secara konstruktif atas Ranperda RPJMD Kota Dumai Tahun 2021-2026, semoga Allah Subhanawata’ala membalas dengan pahala yang besar, aamiin” 

 

Selanjutnya, Wali Kota Dumai juga menginstruksikan kepada semua Kepala Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Kota Dumai agar secara profesional dan amanah dapat melaksanakan seluruh program pembangunan jangka menengah yang telah direncanakan dengan sebaik-baiknya.

 

Diakhir sambutan beliau juga menyampaikan harapan, kedepannya Pemerintah Kota Dumai bersama-sama DPRD Kota Dumai tetap selalu bersinergi dan saling mendukung untuk menyelesaikan amanah RPJMD dalam penyusunan dokumen-dokumen penganggaran dan perencanaan tahunan sebagai turunan dari rencana menengah ini pada muaranya menuju Dumai menjadi lebih baik, Dumai lebih sejahtera dalam lindungan Allah SWT.

 

Dengan telah selesainya sambutan Wali Kota Dumai maka berakhirlah Rapat  Paripurna DPRD Kota Dumai dengan acara Penyampaian Hasil Kerja Panitia Khusus Pembahas Ranperda RPJMD Kota Dumai Tahun 2021-2026 ini secara tertib, lancar dan tetap mematuhi protokol kesehatan masa pandemi covid-19. (Rahima Fenia/ Humas Sekretariat DPRD Kota Dumai)


Semua Berita

Berita Lainnya

JAWABAN WALI KOTA DUMAI ATAS PANDANGAN UMUM FRAKSI DPRD KOTA DUMAI TERHADAP 3 (TIGA) RANPERDA KOTA DUMAI

Bertempat di Ruang Rapat Paripurna Lantai II DPRD Kota Dumai, Wali Kota Dumai menyampaikan tanggapan dan/atau jawaban atas Pandangan Umum...

DIALOG DPRD KOTA DUMAI BERSAMA PEJABAT PEMERINTAH KOTA DUMAI

  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Dumai melaksanakan dialog dengan Pejabat Pemerintah Kota Dumai dengan tema, “Menjalin...

RAPAT PARIPURNA PEMANDANGAN UMUM FRAKSI TERHADAP 6 (ENAM) RANPERDA KOTA DUMAI DAN PENDAPAT WALIKOTA DUMAI TERHADAP RANPERDA TENTANG HAK KEUANGAN DAN ADMINISTRATIF PIMPINAN DAN ANGGOTA DPRD KOTA DUMAI

Pada hari Kamis (20/07/2017), DPRD Kota Dumai menggelar Rapat Paripurna dengan agenda: 1. Rapat Paripurna Penyampaian Pemandangan Umum...